Tips Ampuh Memilih Colocation Server Untuk Penyimpanan Server

Tips Ampuh Memilih Colocation Server Untuk Penyimpanan Server

Kemajuan teknologi membuat bermunculnya kebutuhan baru dari segi pengembangan perusahaan, terutama dari segi infrastruktur IT yang dipakai. Jika kita mengenal kata server sebagai media untuk memenuhi kebutuhan informasi, maka colocation adalah wadah atau tempat yang dipakai, bahasa umumnya adalah rack.  Server ini dipakai untuk menyimpan data canter yang dikelola oleh pihak ketiga. Segala urusan hardware menjadi urusan pihak ketiga sehingga laporan akan semakin cepat diterima dan apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan bisa segara diatasi. Di Indonesia sendiri sudah ada penyedia colocation server namun tidak semua bisa dijadikan pilihan. Anda tetap harus memperhitungkan berbagai aspek seperti keamanan dan pelayanannya. Berikut adalah tips memilih server yang tepat.

Tips Memilih Colocation Server Untuk Penyimpanan Server

  1. Perhatikan jenis colocation server yang disediakan

Ada tiga jenis colocation server yang biasanya disediakan oleh perusahaan pengelola yaitu Per U, Half Rack dan Full Rack. Per U cocok dipilih untuk user yang hanya membutuhkan sedikit server karena akan lebih efisien dan hemat budget. Sedangkan untuk user yang memiliki banyak perangkat server akan lebih efisien jika menggunakan layanan jenis full rack. Jenis server yang dipilih harus disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Model penyimpanan server ada dua yaitu rak dan kabinet. Untuk yang model rack bisa diatur sesuai kebutuhan.

  1. Dilengkapi Cloud Server

Cloud server adalah salah satu layanan yang didapatkan ketika menggunakan colocation server. Cloud server membutuhkan jaringan internet sebagai pengelola data. Keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan cloud server adalah akses data menjadi lebih muda, hemat biaya, tidak ada biaya perawatan perangkat kerasnya, dan adanya software yang mempermudah dalam pengaksesannya. Tidak semua server menyediakan kemudahan akses kepada penggunanya. Server yang terpercaya akan memberikan fitur untuk kemudahan akses pengguna.

  1. Harga nanti yang penting kualitas

Ketika berbicara tentang sebuah layanan penyimpan data center atau server, Anda harus terlebih dahulu melihat kualitas seperti apa yang diberikan bukan hanya dari segi harga. Bukan harga murah yang dicari namun harga yang terjangkau dengan kualitas yang diberikan. Anda harus memperhatikan kebutuhan dari perusahaan. Untuk itu Anda harus banyak mencari referensi mengenai berbagai server yang ada. Perhitungkan juga mengenai biaya setup.

  1. Pelayanan dari penyedia jasa

Penyedia jasa colocation server yang dipilih harus memenuhi standar yang baik. Standar itu meliputi segi operasional, keamanan fisik, keamanan data, kelancaran provider, keamanan terhadap bencana dan tidak menimbulkan dampak negatif pada lingkungan. Berbicara mengenai penyedia jasa colocation service, salah satu yang terpercaya ada di Indonesia adalah NEX Data Canter. Penyedia server berskala global dengan kualitas dunia. NEX terbukti terpercaya karena telah memenuhi berbagai spesifikasi menjadi penyedia server terbaik.

Spesifikasi NEX sebagai colocation service mulai dari jenis tempat penyimpanan dari half rack sampai dengan kabinet yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, rak memiliki private cage minimal 3 rak dan dijamin keamanannya. Kondisi lingkungan mulai dari daya yang telah dijamin uptime, pendingin dengan sistem HVAC persisi dengan sistem redundant system, dirancang untuk bisa hemat energi, adanya keamanan fisik dengan petugas dan pantauan biometrik dan kartu akses yang diawasi selama 24 jam nonstop. Sistem juga sudah dilengkapi dengan pencegah kebakaran. Anda bisa melihat spesifikasi dari masing-masing komponen yang dipaparkan secara jelas di http://www.nexdatacenter.com/id

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *