Sparepart Motor : 5 Tips Merawat Sepeda Motor Anda

Sparepart Motor : 5 Tips Merawat Sepeda Motor Anda

Ada banyak jenis sparepart motor yang berpengaruh pada performa sepeda motor. Setiap jenis sparepart memiliki fungsi masing-masing. Semua sparepart akan terhubung dalam satu sistem dan mendukung sepeda motor untuk bisa bergerak sesuai dengan fungsinya sebagai sebuah alat transportasi yang praktis untuk digunakan.
Sparepart Motor
 
Sampai saat ini sepeda motor masih menjadi alat transportasi favorit bagi sebagian besar warga Indonesia. Bisa kita lihat di jalan raya masih banyak orang yang menggunakan sepeda motor. Hal ini disebabkan sepeda motor adalah jenis kendaraan yang sangat praktis dan mudah untuk dipakai berpergian kemanapun dan kapanpun.
Ada banyak sekali jenis atau tipe sepeda motor yang beredar di pasaran saat ini. Merk sepeda motor yang beredar di pasaran juga beragam. Kini siapa saja bisa menggunakan sepeda motor karena proses pembelian sepeda motor juga semakin mudah. Anda bahkan bisa membeli sepeda motor dengan sistem kredit yang DP-nya ringan dan uang angsuran juga ringan.
Merawat Motor
Bagi Anda yang menggunakan sepeda motor untuk beraktivitas sehari-hari, maka penting sekali untuk merawat kondisi motor dengan baik. Jika motor digunakan terus menerus tanpa dirawat maka motor bisa cepat rusak. Anda tentu tidak ingin motor kesayangan rusak dan membuat Anda kesulitan untuk berpergian melakukan aktivitas.
Perawatan sepeda motor sebenarnya tidaklah sulit. Justru jika Anda malas melakukan perawatan motor maka kemungkinan besar sparepart-nya akan rusak dan Anda tidak mengetahuinya. Akibatnya, kerusakan motor menjadi semakin parah dan sulit untuk diperbaiki lagi.
Sebelum hal itu terjadi, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan dalam merawat sepeda motor :
 

  1. Jaga Kebersihan

Jagalah kebersihan sepeda motor Anda karena ini merupakan salah satu bentuk perawatan yang sangat penting untuk dilakukan. Cucilah motor secara rutin demi menjaga kebersihannya. Jika malas mencuci motor Anda sendiri maka bisa membawanya ke tempat cuci motor yang saat ini sangat mudah ditemukan.

  1. Gunakan BBM Berkualitas

Pakailah bahan bakar yang berkualitas. Jenis bahan bakar yang digunakan juga akan berpengaruh pada kualitas sepeda motor Anda. Jika Anda memakai BBM yang berkualitas maka performa mesin juga akan terasa lebih meningkat.

  1. Pakai Sparepart Original

Ingat, jangan pernah menggunakan sparepart motor yang palsu. Jika sudah waktunya bagi Anda untuk mengganti sparepart maka belilah sparepart yang asli. Pemakaian sparepart palsu bisa menimbulkan gangguan atau bahkan kerusakan pada sepeda motor Anda.

  1. Lakukan Servis Rutin

Jangan lupa untuk selalu melakukan servis kendaraan secara rutin. Bawalah motor Anda ke bengkel dan lakukan pemeriksaan terhadap kondisi motor secara keseluruhan. Jika ada kerusakan atau gangguan pada motor, maka segera minta teknisi untuk mengatasi hal tersebut secepatnya agar tidak menjadi semakin parah.

  1. Panaskan Mesin sebelum Digunakan

Sebelum menggunakan motor untuk berkendara, ingatlah untuk selalu memanaskan mesinnya terlebih dahulu. Memanaskan mesin sebelum digunakan bisa membantu meningkatkan performa mesin saat dipakai berkendara nanti. Seringkali karena dikejar waktu kita tidak pernah memanaskan mesin dan langsung saja menggunakannya untuk berkendara.
 
Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat motor Anda. Bagi Anda yang harus mengganti sparepart dan membutuhkan sparepart yang asli, belilah di tempat yang resmi. Jika sudah berpengalaman, maka dengan sekali lihat saja Anda sudah tahu mana produk sparepart motor yang original dan mana yang merupakan produk palsu dan tidak aman digunakan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *