Perhatikan 5 Hal ini agar Perjalanan Jauh Tetap Nyaman

Perhatikan 5 Hal ini agar Perjalanan Jauh Tetap Nyaman

Mudik atau pulang sebentar ke kampung halaman sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia sejak dulu. Ketika hari raya besar keagamaan tiba, orang-orang berbondong-bondong untuk pulang ke daerah asalnya. Untuk Anda yang baru pertama kali akan melakukan kegiatan ini, tips perjalanan jauh aman serta nyaman di bawah ini dapat dijadikan pedoman untuk perjalanan mudik Anda.

Mayoritas masyarakat Indonesia yang melakukan mudik atau perjalanan jaug kerap memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Asalannya ialah lebih murah di ongkos dan lebih fleksibel dalam hal perjalanannya. Untuk itu, bila Anda pun hendak kembali ke kampung halaman dengan mobil atau motor pribadi, berikut adalah 5 hal yang perlu Anda perhatikan agar mudik tetap aman.

  1. Periksa Kendaraan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi mobil atau motor terlebih dahulu. Aktivitas ini bisa Anda mulai dari cek mesin ke bengkel, cek surat-surat kendaraan, dan lain sebagainya. Pasalnya, kondisi kendaraan sangat berpengaruh pada keselamatan perjalanan Anda. Jika jarak tempuh Anda akan mencapai ratusan kilometer, pastikan mesin kendaraan dalam keadaan prima.

  1. Bawa Makanan dan obat obatan

Membawa makanan dan minuman ringan mungkin terlihat sepele, namun hal ini akan sangat membantu saat macet di perjalanan. Anda pasti akan repot jika harus sering-sering mencari restoran di perjalanan. Untuk itulah, membawa bekal menjadi solusi dari masalah ini. Jangan sampai Anda mengemudi dalam keadaan lapar, karena akan mempengaruhi konsentrasi dan keselamatan berkendara. Obat obatan juga perlu seperi misal obat sakit kepala, obat sakit mag dan juga jangan lupa minyak angin atau balsem yang sangat berguna dalam perjalan seperti Vicks misalnya.

  1. Bawa Uang Tunai

Tidak semua toko menyediakan metode pembayaran tanpa uang tunai atau cashless, begitu juga dengan ketersediaan mesin ATM di segala tempat yang terbatas. Untuk itulah, Anda perlu selalu menyediakan uang tunai, baik dalam pecahan besar ataupun kecil. Uang dalam pecahan besar bisa Anda siapkan untuk membeli bensin. Sedangkan uang dalam pecahan kecil nantinya akan Anda gunakan untuk kebutuhan jajan, ke kamar mandi umum, ataupun parkir.. Jangan lupa juga untuk selalu mengisi saldo uang elektronik untuk membayar pintu tol, ya.

  1. Aktifkan GPS

GPS tidak hanya membantu orang yang benar-benar tidak hafal jalan. Sebab, sekalipun Anda sudah cukup hafal jalan, terkadang Anda membutuhkannya ketika ada situasi tak terduga seperti kecelakaan atau macet parah. Inilah fungsi GPS, yakni bisa mencarikan jalan alternatif untuk menghindari situasi-situasi tersebut supaya Anda bisa segera sampai tujuan.

  1. Siapkan Asuransi Mudik

Asuransi mudik akan membantu menjaga dan melindungi kendaraan maupun diri Anda dan penumpang selama dalam perjalanan mudik. Berbagai kejadian tak terduga yang terjadi dalam perjalanan, dapat dicover oleh asuransi ini. Contohnya adalah biaya medis atau biaya kerusakan kendaraan ketika kecelakaan terjadi. Untuk itulah, memiliki asuransi perjalanan (yang kini bisa dibeli secara online) saat mudik menjadi penting.

Mudik memang hal yang dinanti-nanti oleh semua orang. Sebab bertemu dengan keluarga dan sanak saudara menjadi kebahagiaan tersendiri. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga keamanan selama berkendara, ya!

 

admin

One thought on “Perhatikan 5 Hal ini agar Perjalanan Jauh Tetap Nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *