Mudah Dan Enak, Yuk Intip Resep Semur Ayam Khas Nusantara

Mudah Dan Enak, Yuk Intip Resep Semur Ayam Khas Nusantara

Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan, sehingga terdiri atas berbagai suku dan bangsa. Tidak heran, keberagaman ini juga menghasilkan kesenian hingga makanan khas yang berbeda beda. Masakan khas ini menjadi salah satu ciri dari keunikan Indonesia yang kental dengan bumbu rempah rempahnya yang bervariasi. Akan tetapi, resep semur ayam khas nusantara ini dibuat dengan cara dan bahan yang sederhana. Yuk intip di bawah ini!

Stigma Makanan Khas Nusantara

Bila anda berlibur ke berbagai kota di Indonesia tentu tidak boleh ketinggalan dengan wisata kuliner yang disuguhkan, bukan? Hal ini menandakan bahwa setiap daerah memiliki cita rasa yang bervariasi, tetapi tetap enak di lidah masyarakat. Banyak orang yang tertarik dengan makanan khas nusantara karena rasanya yang khas dan kental dengan bumbu bumbunya. Akan tetapi, stigma mengenai makanan khas nusantara ini cukup sulit dan rumit.

Implikasi dari stigma tersebut hanya sedikit yang mencoba untuk memasak makanan khas Indonesia. Justru dikhawatirkan stigma ini membunuh kemampuan masyarakat Indonesia yang ingin belajar memasak resep semur ayam. Santapan rumahan ini hanya memerlukan beberapa bahan dengan bumbu yang sangat sederhana. Tidak hanya itu, cara memasaknya pun cukup mudah sehingga dapat dicoba oleh setiap orang di rumahnya masing masing.

Bahan yang Dibutuhkan untuk Memasak Resep Ayam Khas Nusantara

Bahan utama yang dipakai tentu saja ayam dengan jumlah sesuai selera atau kebutuhan. Anda dapat memotongnya menjadi beberapa bagian, lalu goreng hingga setengah matang. Siapkan pula kentang sebagai bahan pelengkap dan potong jadi beberapa bagian. Pastikan potongannya sama antara kedua bahan tersebut. Kemudian goreng hingga matang atau sesuai selera. Siapkan serai yang sudah dimemarkan dan kecap agar rasanya nikmat.

Bumbu yang dibutuhkan untuk memasak resep khas nusantara satu ini, antara lain pala yang sudah dihaluskan, bawang merah, dan bawang putih, serta jahe kira kira berukuran 2 cm. Resep semur ayam ini juga dapat ditambahkan kaldu bubuk sebagai penyedap rasa, merica, dan garam. Tidak lupa siapkan minyak goreng untuk menumis dan bawang merah goreng sebagai pemanis saat sudah matang. Terakhir, siapkan air agar masakan tidak terlalu kering.

Cara Mudah Memasak Semur Ayam

Pertama, haluskan bumbu bumbu yang telah disiapkan sebelumnya, yaitu 5 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, dan jahe berukuran 2 cm. Anda dapat menggunakan cobek atau haluskan dengan blender. Setelah itu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak dan tambahkan serai hingga aromanya keluar. Kemudian tambahkan air ke dalam bumbu yang telah ditumis dan aduk hingga seluruh bumbu menyelimutinya.

Catatan penting yang harus diperhatikan ialah jangan terlalu sering mengaduk agar tekstur makanan tidak rusak. Setelah itu, anda dapat menambahkan kentang, kecap manis, kaldu bubuk, pala, merica, dan garam. Langkah terakhir dari resep semur ayam ialah tambahkan air dan diamkan selama beberap saat hingga mendidik. Pada tahap ini gunakan api kecil agar bumbu meresap dan kuah semur mengental. Sajikan semur ini dengan taburan bawang goreng di atasnya.

Memasak masakan khas nusantara memang terkesan sulit karena banyak bumbu dan bahan yang dipakai. Akan tetapi, anda dapat memasak ayam yang disemur dengan cara dan bahan yang sederhana. Anda hanya memerlukan ayam dan potongan kentang sebagai bahan utama. Selain itu, gunakan bawang merah, bawang putih, jahe, dan tambahkan kecap manis lalu diamkan hingga bumbu meresap ke dalam ayam. Sajikan selagi hangat agar lebih nikmat!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *