Mengenal Psikosis, Kondisi Kejiwaan yang Ditandai Dengan Halusinasi

Mengenal Psikosis, Kondisi Kejiwaan yang Ditandai Dengan Halusinasi

Apabila anda sering mengalami kondisi yakni gangguan akan hubungan dengan realita, maka bisa jadi anda mengidap Psikosis. Gangguan kesehatan mental ini merupakan gejala serius yang bisa muncul karena adanya gangguan halusinasi dan juga delusi. Untuk anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang kondisi ganguan kesehatan mental satu ini, maka anda pun bisa menyimak ulasan selengkapnya berikut.

Sekilas Mengenai Gangguan Kesehatan Mental Satu Ini

  1. Kenali Gejalanya

Ketika seseorang mengalami kondisi satu ini, maka akan terdapat gejala yang meliputinya. Diantara lain adalah ditandai dengan halusinasi, dimana penderita akan memiliki sebuah persepsi yang dirasakan tanpa adanya rangsangan dari panca indera secara nyata. Hal ini bisa dalam bentuk pendengaran, penglihatan maupun penciuman. Misalnya, penderita seperti merasa mendengar suara yang tidak nyata ataupun melihat sosok yang sebenarnya tidak ada.

Selain itu, gejala yang sering kali dialami oleh penderita psikosis adalah terjadinya delusi. Dimana merupakan adanya keyakinan yang dipegang oleh penderita, namun hal tersebut sebenarnya adalah salah. Salah satunya ketika seseorang menganggap bahwa dirinya adalah sosok manusia super yang bisa menghilang ataupun terbang. Rasa cemas yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu gejala yang ditemukan pada penderita gangguan kesehatan mental ini.

  1. Faktor Risiko Dari Kondisi Ini

Bagi seseorang yang menderita gangguan kesehatan mental ini, maka terdapat beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab meningkatkan resiko untuk terkena gejala ini. Mulai dari memiliki pola tidur yang buruk, sering mengonsumsi alkohol dan menggunakan ganja. Serta adanya trauma akibat seseorang yang dicintai juga bisa menjadi pemicu risiko terkena kondisi kesehatan mental satu ini.

  1. Hal yang Menjadi Penyebabnya

Untuk penyebabnya sendiri, pada setiap orang akan berbeda beda. Sehingga sering kali penyebab pastinya menjadi tidak jelas. Psikosis sendiri terkadang muncul akibat gejala suatu penyakit ataupun juga dipicu dari mengonsumsi obat obatan, terutama obat terlarang. Selain itu, faktor lingkungan dan juga kurangnya waktu tidur yang cukup juga bisa menjadi salah satu hal yang menjadi pemicu.

Namun, terdapat beberapa kondisi tubuh yang bisa menyebabkan timbulnya gejala dari kondisi kesehatan mental ini. Sebut saja seperti penyakit pada obat yang diderita pasien pengidap Parkinson dan juga Huntington. Bisa juga karena terdapat tumor atau kista yang berada di dalam otak. Penyakit stroke, Alzheimer dan epilepsi juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya gejala satu ini.

Tak hanya itu saja, kondisi dari gangguan kesehatan mental ini juga merupakan sebagai bentuk manifestasi dari gangguan jiwa ataupun kepribadian seseorang. Diantaranya adalah seperti gangguan psikotik menyeluruh dan adanya gangguan delusi. Ada pula kelainan bipolar, depresi dan juga skizofrenia juga bisa menyebabkan munculnya gangguan kesehatan mental satu ini.

  1. Cara Untuk Pencegahan

Hingga saat ini belum ada cara pasti yang digunakan untuk mencegah gangguan ini. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan yakni dengan menghindari konsumsi alkohol dan NAPZA. Selain itu, anda pun juga perlu untuk menghindari depresi yang berlebih. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara liburan, atau konsultasi ke dokter dan membuat janji pakai Halodoc, agar bisa ditangani dengan lebih tepat.

Untuk itu, apabila anda menemukan keluarga maupun kerabat yang mengalami gejala seperti yang telah disebutkan tersebut, tak ada salahnya untuk segera menghubungi dokter. Hal ini dikarenakan agar pengidap gangguan kesehatan mental tersebut akan segera mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dengan begitu, penderita pun bisa lebih cepat untuk sembuh.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *