Mengenal E-procurement Indonesia dan Manfaat yang Ditawarkannya

Mengenal E-procurement Indonesia dan Manfaat yang Ditawarkannya

Salah satu bentuk inovasi dalam bidang pengadaan barang dan jasa adalah e-procurement. Jika selama ini proses pengadaan barang dan jasa dilakukan secara manual, sekarang kegiatan tersebut semakin mudah dilakukan karena terintegrasi dengan internet. Aktivitas e-procurement Indonesia sendiri makin lama makin berkembang pesat, karena manfaatnya yang dirasakan oleh pengguna.

Apa Itu E-procurement?

E-procurement merupakan sebuah inovasi yang meringankan kerja para pelaku bisnis. Sistem ini mencakup pengadaan barang dan jasa, dengan memanfaatkan teknologi berupa internet. Jadi, barang serta jasa bisa dibeli dan dijual secara online, sehingga prosesnya pun menjadi lebih efektif dan efisien. Keunggulan sistem ini, membuatnya juga digunakan di sektor pemerintahan nasional.

Ragam Manfaat yang Ditawarkan oleh E-procurement

E-procurement bisa makin berkembang pesat hingga sekarang, tentu dipengaruhi oleh feedback positif yang diberikan oleh penggunanya. Singkat kata, sistem e-procurement sangat memudahkan penggunanya untuk mengakses layanan atau pun membeli barang yang mereka inginkan. Berikut ini adalah ragam manfaat yang diberikan e-procurement, yang dapat dinikmati para penggunanya.

  1. Biaya yang Jauh Lebih Murah

Untuk melakukan pengadaan barang dan jasa dengan sistem e-procurement, Anda tak perlu menghabiskan begitu banyak lembaran kertas untuk menulis laporan. Semuanya data terkait bisnis Anda, akan tersimpan dengan rapi di dalam komputer. Dengan begitu, biaya pengadaan barang administratif seperti kertas, stempel, dan lainnya, bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan lainnya.

Biaya administratif yang bisa ditekan ini, merupakan salah satu alasan mengapa pemerintah pun memanfaatkan sistem e-procurement di bidang pelayanannya. LPSE atau Layanan Pengadaan Secara Elektronik, merupakan penyelenggara e-procurement Indonesia. Instansi pemerintah yang ingin menerapkan e-procurement, hanya butuh membeli server dan membayar akses internet.

  1. Tempat Usaha Tak Akan Dipenuhi oleh Lembar Laporan Kerja

Jika usaha Anda masih bertahan dengan sistem manual, tentu Anda membutuhkan tempat khusus untuk meletakkan lembaran kertas laporan yang semakin menggunung. Anda pun akan membutuhkan waktu yang lama, jika ingin mencari kertas laporan di tanggal tertentu. Kondisi yang berbeda tentu akan Anda dapatkan, jika memilih menjalankan usaha dengan e-procurement.

Seperti yang telah disebutkan poin sebelumnya, sistem e-procurement meminimalisir penggunaan kertas untuk membuat laporan. Tempat penyimpanan tumpukan kertas laporan usaha tersebut, bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan lainnya. Anda bisa dengan mudah mencari data usaha, karena data telah tersimpan secara elektronik. Tinggal input tanggal, maka data akan langsung ditemukan.

  1. Pengiriman Barang akan Tepat Waktu dan Tujuan

Dikarenakan semua data telah tersimpan secara online, maka proses pengiriman barang dari perusahaan pada konsumen yang membutuhkan akan berjalan lancar. Jalur pengiriman sudah diketahui dengan jelas, sehingga tak akan terjadi yang namanya kesalahan alamat dalam pengiriman barang. Lancarnya pengiriman barang, membuat barang bisa diterima tepat pada waktunya.

  1. Tracking Kegiatan Usaha yang Lebih Mudah

Dikarenakan proses pengadaan barang dan jasa sudah terintegrasi secara online, maka akan mudah untuk pengawasan atas jalannya proses usaha tersebut. Data berisi permintaan akan barang dan jasa, barang sudah dibeli serta yang masih dalam proses pembelian, bisa dengan cepat dilihat. Semua proses tersebut bisa dikontrol dengan baik, sehingga penyelewengan pun bisa dihindari.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai e-procurement beserta dengan manfaat yang ditawarkannya. Kemudahan yang ditawarkan oleh sistem ini dalam menjalankan usaha, membuatnya turut dilirik pemerintah sehingga terbentuklah e-procurement Indonesia, yaitu LPSE. E-procurement membuat proses pengadaan barang dan jasa jadi praktis, efektif, dan efisien.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *