Kelebihan Pipa HDPE yang Perlu Diketahui

Kelebihan Pipa HDPE yang Perlu Diketahui

Pipa HDPE ini adalah salah satu jenis pipa yang digunakan dalam pembangunan saluran air. Pipa ini mempunyai beberapa jenis dengan berbagai macam bentuk dan ukuran diameter. Varian pipa HDPE bisa dibedakan berdasarkan jenis penyambungan yang dipilih.
Pipa HDPE
Dari jenis penyambungan fitting, pipa ini bisa dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

  1. Compression Joint

Aksesoris ini biasanya digunakan untuk menyambungkan pipa tanpa menggunakan mesin penyambungan (welding machine), metode mechanical joint, maupun bahan perekat lainnya.
 

  1. Butt Fusion

Pipa jenis ini bisa disambungkan menggunakan mesin penyambungan (welding machine). Metode ini menggunakan mekanisme pemanasan dua sisi pipa dan aksesoris HDPE hingga meleleh. Setelah pipa meleleh, kedua pipa langsung disatukan.
 

  1. Electrical Fusion Joint

Metode penyambungan ini menggunakan aksesoris yang menggunakan energi listrik untuk melelehkan sisi pipa HDPE agar bisa disambungkan.
Kelebihan Pipa HDPE
Pipa HDPE ini mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis pipa lain, yaitu:

  1. Pipa HDPE ini lebih ringan jika dibandingkan dengan pipa besi. Beratnya yang lebih ringan memudahkan proses pemasangan dan pemindahan dari distributor pipa HDPE dalam pembangunan saluran air.
  2. Pipa jenis HDPE lebih tahan lama sehingga lebih hemat biaya perawatannya.
  3. Sistem penyambungan pipa jenis ini bervariasi dan bisa dilakukan dengan atau tanpa mesin. Metode-metode pemasangan yang sering digunakan antara lain Compression Joint, Butt Fusion, dan Electrical Fusion Joint.
  4. Pipa HDPE menggunakan material berjenis high density polyethylene yang tidak mudah mengalami kerusakan. Material ini membuat HDPE jarang mencemari air yang melewati pipa ini. HDPE juga sulit mengalami masalah karat.
  5. Pipa HDPE memiliki kelenturan yang paling tinggi jika dibandingkan dengan pipa lain. Sifat ini membuat pemasangan jauh lebih mudah ketimbang pipa besi karena tidak memerlukan aksesoris berlebih.
  6. Ketahanan pipa HDPE terhadap situasi dan kondisi yang tidak menguntungkan seperti cuaca buruk yang baik membuat pipa jenis ini cocok digunakan dimana saja.

Demikianlah informasi tentang kelebihan pipa HDPE yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat Bagi Anda yang masih asing dengan kegunaan dari pipa jenis ini.
 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *