Kapan Waktu Terbaik Mencuci Mobil?

Kapan Waktu Terbaik Mencuci Mobil?

Mencuci mobil dilakukan secara rutin agar bisa memiliki kendaraan pribadi yang terlihat senantiasa kinclong dan mengkilap. Namun, mencuci mobil terlalu sering ternyata bisa mengakibatkan efek tertentu lho! Efek negatif yang bisa membuat mobil Anda kehilangan nilai estetika adalah cat bodi mobil yang kusam dan rusak.
Mencuci Mobil

Kapan frekuensi mencuci mobil yang paling direkomendasikan?
Berdasarkan penuturan para ahli, melakukan cuci mobil yang paling baik adalah dalam kurun waktu 2 minggu sekali saja. Terlalu sering malah bisa menyebabkan cat mobil menjadi kurang maksimal. Selain itu, penggunaan bahan kimia seperti cairan pembersih khusus yang dicampurkan dengan air bisa meninggalkan bekas pada mobil kesayangan Anda. Zat kimia yang ada pada cairan pembersih akan mengikis cat mobil Anda.

Jam mencuci mobil yang paling direkomendasikan adalah sebelum pukul 8 pagi dan menjelang pukul 5 sore. Mencuci kendaraan memang disarankan tidak terkena sinar matahari secara langsung yang bisa mengeringkan air dan campuran sabun sebelum sempat membilas mobil. Kesalahan ini bisa menyebabkan baret-baret halus yang menghiasi mobil Anda nantinya.

Bagaimana jika mobil kotor saat musim hujan?
Indonesia merupakan negara yang memiliki dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Jika memasuki musim kemarau, mobil akan mudah kusam akibat diparkir langsung di bawah sinar matahari, maka musim penghujan identik dengan karat dan jamur. Ya, Anda yang malas membersihkan mobil setelah terkena air hujan bisa mengalami dampak negatif ini.

 

Baca Juga : Mesin Cuci 1 Tabung Lg

Oleh sebab itu, Anda wajib mencuci mobil setiap terkena hujan ya! Namun, ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan kalau Anda ingin membersihkan mobil pada musim penghujan seperti senantiasa mengguyurnya dengan air bersih dan menggunakan lap berbahan kain microfiber. Anda juga tidak boleh mencuci mobil pada malam hari yang identik dengan suhu lembab.

Kondisi ruang yang cenderung lembab bisa menyebabkan air yang menempel pada bodi mobil susah kering. Akibatnya air akan banyak tertahan di badan mobil yang bisa memicu karat dan jamur yang susah dihilangkan. Jika terpaksa mencuci kendaraan pada malam hari, sebaiknya Anda menggunakan lap basah saja untuk mengantisipasi risiko buruk.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan pencucian mobil
Mencuci mobil yang benar harus menyesuaikan beberapa hal terdahulu seperti mempertimbangkan kondisi wilayah. Jika Anda tinggal di daerah yang dekat dengan wilayah pantai, sebaiknya mencuci kendaraan lebih sering. Hal ini dikarenakan kandungan garam yang lebih tinggi di wilayah tersebut bisa memicu masalah korosit.

Kalau Anda memang sering memarkir kendaraan di tempat parkir tertutup, tak perlu takut dengan bahaya cat bodi mobil akan kusam atau jamur dan kerak mulai bermunculan. Cuci kendaraan sesekali saja agar Anda tidak membuang waktu dan tenaga untuk mencuci mobil lebih sering. Jika lokasi parkir berada di luar ruangan, Anda bisa pergi ke salon mobil seminggu sekali.

Pada saat cuci mobil, Anda memang tidak disarankan membuka jendela mobil sebab bisa mengakibatkan cipratan air masuk ke dalam interior. Bukan berarti Anda langsung abai dengan bagian dalam mobil ya! Anda bisa juga membersihkan bagian dalam mobil menggunakan alat penyedot debu. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dashboard dengan lap yang bersih.

Selama Anda menerapkan cara mencuci mobil yang benar, tak perlu khawatir dengan risiko mobil mengalami kerusakan. Memperhatikan ulasan di atas, Anda mungkin wajib tahu bahwa memarkir mobil di bawah terik matahari atau di bawah pohon tidak direkomedasikan. Pasalnya, sinar matahari berlebihan atau mobil terkena kotoran dari atas pohon sama-sama bisa membuat cat mobil Anda menjadi rusak lho!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *