Ingin Tahu Arti yang Sebenarnya Dari Kata Gong Xi Fa Cai?

Ingin Tahu Arti yang Sebenarnya Dari Kata Gong Xi Fa Cai?

Imlek di tahun 2021 jatuh pada hari Jumat, 12 Februari lalu yang merupakan perayaan penting bagi masyarakat keturunan Tionghoa di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia. Ya, perayaan tahun baru imlek memang kerap terjadi pada hari pertama di bulan pertama penanggalan Tionghoa.

Bukan hanya itu, perayaan tahun baru imlek juga akan berlangsung selama 15 hari yang kemudian di tutup oleh Cap Go Meh (bertepatan dengan bulan purnama).

Ketika mendekati perayaan tahun baru imlek, biasanya orang-orang non-Tionghoa akan mengucapan kata Gong Xi Fa Cai bagi yang merayakannya. Begitu pun yang terjadi di Indonesia, dimana sebagian besar masyarakatnya sering menyebutkan kalimat tersebut saat perayaan tahun baru imlek tiba.

Padahal, sebenarnya arti Gong Xi Fa Cai itu bukanlah ucapan “selamat tahun baru“. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai fakta-fakta menarik seputar taun baru imlek, mending kita simak saja langsung pembahasannya di bawah ini.

  1. Arti Kata Gong Xi Fa Cai yang Sebenarnya

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa warna merah akan menghiasi saat menjelang perayaan tahun baru imlek tiba. Tak hanya itu, spanduk-spanduk yang bertulisan Gong Xi Fa Cai juga akan kita jumpai dengan mudah.

Nah, karena hal tersebutlah yang membuat banyak orang beranggapan bahwa arti kata Gong Xi Fa Cai adalah selamat tahun baru. Secara harfiah, arti dari kata Gong Xi Fa Cai itu sendiri adalah “semoga mendapatkan kekayaan yang melimpah“.

  1. Istilah Gong Xi Fa Cai Lebih Populer di Indonesia

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa mayoritas masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia berprofesi sebagai pengusaha. Mereka pun akan saling mendoakan untuk kerabat dan sanak saudara agar bisnisnya semakin sukses, sambil mengucapkan kata Gong Xi Fa Cai.

Tapi, masyarakat Indonesia di zaman dulu salah tanggap dengan ucapan Gong Xi Fa Cai tersebut yang dianggap sebagai ucapan selamat tahun baru imlek.

  1. Bahasa Mandarin Selamat Tahun Baru Adalah Xin Nian Kuai Le

Ini dia istilah yang tepat diucapkan saat perayaan tahun baru imlek tiba. Pasalnya, arti kata dari Xin Nian Kuai Le adalah “selamat tahun baru“. Jika disebutkan dalam bahasa Kanton, pengucapan selamat tahun baru imlek ini adalah Sun Leen Fai Lok.

Meski istilah Gong Xi Fa Cai dinilai kurang tepat, namun tidak ada salahnya juga dengan ucapan tersebut karena mengandung makna yang baik. Adapun istilah tepat lainnya yang sering diucapkan saat tahun baru imlek seperti :

  • Guo nian hao : Selamat tahun baru
  • Xin chun kuai le : Selamat tahun baru (selamat musim semi)
  • Shen ti jian kang : Semoga sehat selalu
  • Sui sui ping an : Semoga dijauhkan dari malapetaka
  • Niu nian ru yi : Semoga di tahun kerbau, segala harapan dan impian terpenuhi
  • Niu nian da ji : Semoga tahun kerbau dilimpahi keberhasilan
  • Niu nian ji xiang : Semoga tahun kerbau memberi banyak keberuntungan
  1. Makna Barongsai

Belum bisa dikatakan sebagai tahun baru imlek, apabila tidak dilengkapi dengan festival barongsai. Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa, barongsai menjadi simbol pembawa kesejahteraan.

Menurut kabar yang beredar, konon tarian singa barongsai dapat mengusir pertanda buruk, sedangkan tarian naga barongsai akan menciptakan keberuntungan lho.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *