Cara Efektif Basmi Kutu Kasur atau Tungau di Rumah

Cara Efektif Basmi Kutu Kasur atau Tungau di Rumah

Kutu busuk atau kutu kasur dan disebut juga dengan tungau adalah salah satu hama yang sering ditemukan di rumah. Tak hanya di tempat tidur saja, ia juga kerap ditemukan di tempat lain seperti bantal, sofa, karpet dan lainnya. Bila ia menggigit, rasanya akan sangat gatal. Bahkan, kutu ini juga bisa menyebabkan penyakit. Bagaimana cara menghilangkannya?

  1. Ubah Pola Hidup

Hal paling dasar yang perlu Anda lakukan bila mau lepas dari kutu busuk ini adalah dengan mengubah pola hidup. Jadilah lebih bersih dengan membersihkan tempat tidur setiap hari menggunakan sapu lidi. Setidaknya, cucilah seprai dan selimut satu bulan sekali dan kalau perlu gunakan air panas untuk merendamnya.

Anda juga harus sering menjemur kasur dan bantal di tempat panas sambil dipukul-pukul dengan pemukul kasur. Cara ini akan memaksa kutu di kasur keluar dari persembunyiannya sebab ia akan merasa tak nyaman dan Anda bisa menghilangkannya dari kasur Anda.

  1. Maksimalkan Sirkulasi Udara dan Cahaya

Cara yang satu ini juga sangat membantu menghilangkan kutu busuk atau tungau dari rumah adalah dengan memaksimalkan udara dan pencahayaan. Tak perlu ada banyak jendela. Cukup buka jendela setiap pagi saja dan biarkan cahaya matahari masuk ke ruangan Anda. Ingat, kutu kasur suka tempat lembap dan gelap. Kalau banyak cahaya dan udara, ia akan pergi.

  1. Gunakan Kapur Ajaib

Anda bisa menggunakan kapur ajaib untuk mengatasi tungau pada perabotan rumah Anda. Jadi, bukan hanya di kasur, tapi juga di sofa, karpet dan lainnya. Anda hanya perlu mengoleskannya di tempat-tempat yang ada kutunya. Namun, jangan terlalu sering juga menggunakannya karena ini tak bagus untuk kesehatan Anda.

  1. Gunakan Kulit Durian

Siapa sangka, kutu busuk ini takut terhadap kulit durian. Memang terdengar aneh. Namun, ini nyata. Kulit durian sendiri mampu mengeluarkan bau khas yang tak disukai kutu busuk. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu meletakkan kulit durian di sekitar tempat tidur. Biarkan selama dua hari untuk memaksa kutu busuk keluar dan pergi.

  1. Minyak Tanah dan Kapur Barus

Anda juga bisa memanfaatkan campuran minyak tanah dengan kapur barus yang sudah ditumbuk untuk mengatasi masalah kutu busuk ini. Campuran tersebut tinggal dioleskan saja di sela-sela kasur, ranjang dan sudut tertentu yang diyakini sebagai rumah dari kutu busuk tersebut. Campuran ini sendiri dipercaya mampu mematikan kutu hingga telurnya.

  1. Silika Gel

Bila Anda punya silika gel, maka manfaatkanlah untuk menghilangkan kutu busuk ini. Anda hanya perlu menggilingnya dan menaburkannya di sudut-sudut kamar. Silika gel yang telah ditumbuk mampu menempel pada tubuh si kutu dan tak akan bisa lepas darinya. Kalau sudah menempel pada tubuhnya, si kutu akan mudah mati.

Sebab, silika gel akan membuat kutu dehidrasi. Namun, Anda harus hati-hati ketika menggunakannya sebab bisa mengenai Anda juga. Oleh sebab itu, cara yang satu ini tak disarankan digunakan. Sebagai alternatig, Anda bisa menggunakan bahan alami berupa tanah diatom yang aman untuk anak-anak dan hewan perliharaan.

Itulah berbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk membunuh kutu kasur atau membuatnya pergi dari rumah. Cara tersebut dijamin jitu. Namun, tetap saja tak akan maksimal kalau Anda tak mengubah gaya hidup. Pastikan Anda selalu membersihkan kasur dan perlengkapan tidur lainnya dalam kurun waktu tertentu agar si kutu busuk tak kembali lagi.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *