Berikut Pelayanan Penunjang Kesehatan di RS Margono Purwokerto

Berikut Pelayanan Penunjang Kesehatan di RS Margono Purwokerto

RS Margono Purwokerto merupakan RSUD yang menjadi tipe B Pendidikan yang dimiliki oleh pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan berada di Kota Purwokerto. Tujuan utama pembangunan rumah sakit ini adalah mampu meningkatkan kualitas pada masyarakat dengan terwujudnya penyelenggaraan tugas dari pemda provinsi Jawa Tengah dan membantu kesejahteraan melalui peningkatan kesehatan dari masyarakat tersebut. awalnya rumah sakit ini merupakan tipe C dan menjadi milik pemerintah tingkat I Jawa Tengah dan peninggalan pemerintah Belanda saat didirikan pada tahun 1917 dengan nama RS Zending untuk memberikan pelayanan kepada misionaris dan orang Belanda yang berada di Purwokerto.

Tahun 2007 pemerintah pusat mulai membentuk pemerintah baru dan membuat RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo atau disingkat sebagai SMS. Fungsi rumah sakit ini adalah untuk pelayanan umum dengan efektif dan efisien yang sejalan pada praktek bisnis sehat dengan pengelolaan yang diwenangkan dan didelegasikan pada kepala daerah. Untuk mencapai tujuannya maka RSMS memiliki visi pelayanan prima dalam sub spesialistik dan pendidikan profesi. Pendidikan profesi untuk membantu penyelenggaraan pendidikan, pengabdian dan penelitian. Oleh karena itu adanya rencana strategi RSMS dengan pelayanan unggulan untuk maternal perinatal, jantung, dan pelayanan bedah saraf.

Pelayanan rawat jalan memberikan pelayanan prima untuk spesialistik dengan pasien BPJS PBI serta non PBI, Jamkesda dengan kerjasama pada pasien umum. Sarana ruang yang diberikan memberikan kenyamanan dengan antrian secara digital dan memungkinkan pasien mendapatkan sekitar 66 jenis klinik. Rawat inap merupakan kebutuhan pasien terhadap tindakan keperawatan non medis secara lanjut dan membutuhkan perawatan karena penyakit yang diderita dan membutuhkan perawatan intensif. Memiliki Kelas III dengan kamar dengan 8 tempat tidur, kamar 6 side cabinet, Kelas II dengan 1 kamar berisikan 4 kamar tidur, Kelas I dengan 1 kamar berisikan 2 kamar tidur, Kelas VIP dengan harga Rp550 ribu yang menyediakan kamar tidur dan sofa, Kelas VVIP A dengan 1 tempat tidur pasien dan kamar mandi yang menggunakan kamar mandi air panas dingin, serta kelas VVIP B dan ICU.

Pelayanan rawat darurat yang dapat menyelenggarakan untuk pelayanan medis seperti ancaman kematian sehingga membutuhkan pertolongan, pasien tidak mendapat ancaman tetapi membutuhkan pertolongan dan pelayanan pasien tidak gawat tidak darurat namun datang menuju IGD selama 24 jam secara terus menerus. Rawat darurat memberikan pelayanan khusus siaga bencana serta pelayanan medis saat bencana dan pelayanan maternal perinatal dengan dukungan Sijari Emas.

Berikut adalah layanan penunjang utama:

  • Bedah sentral untuk permasalahan kesehatan dengan IBS terpadu yang melakukan transplantasi ginjal dengan fasilitas caspar, cusa, laparascopy, endo urologi, broncoscopy, c-arm dan neuroendoscopy.
  • Endoskopi merupakan pelayanan untuk pemeriksaan organ pada tubuh secara visual dengan bidikan alat melalui layar monitor dan pemeriksaan untuk menunjang hasil diagnostik lebih handal, dilakukan untuk pasien yang odinofagia, dispepsia, perdarahan saluran cerna, nyeri dada dan kecurigaan obstruksi outlet dan survey endocopy keganasan.

RS margono purwokerto menyediakan transfusi darah dengan pengambilan darah yang langsung discrenning. Hal ini diperlukan supaya darah tidak memiliki penyakit sehingga perlu dilakukan kecocokan untuk darah yang lebih aman. Radiologi dengan MRI merupakan teknik dalam menghasilkan gambaran organ, hal ini akan mendukung pemeriksaan kepala, tulang belakang, otak, organ tubuh, abdomen dan thorax. Beberapa layanan penunjang ini membantu pasien dapat disembuhkan secara lengkap dan utuh dengan pengobatan terbaik.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *