4 Tips Jitu Cara Merawat Linear Bearing Agar Tetap Awet

4 Tips Jitu Cara Merawat Linear Bearing Agar Tetap Awet

Pernahkah anda mendengar mengenai Linear Bearing atau bantalan linear? Jika iya, anda pasti menemukan istilah ini di dunia otomotif dan permesinan. Meskipun terdengar sederhana, namun bantalan ini memiliki peran besar dalam bagian mesin. Tujuan penggunaan bantalan ini ialah untuk membuat pergerakan mesin lebih halus sehingga meminimaliasir terjadinya gesekan yang membuat produk atau mesin cacat.

Efek dari sifat fleksibel yang dimiliki Linear Bearing, hingga saat ini pun tipenya semakin hari semakin bervariasi. Hal ini untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mesin dipasaran. Banyak perkembangan teknologi yang muncul sehingga mereka juga memerlukan inovasi bantalan lain untuk menyokong pembuatannya. Ini merupakan kabar baik di era perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini. Namun akan jauh lebih baik jika produsen ataupun pelanggan juga mengetahui cara merawat bantalan ini dengan baik dan benar. Meskipun terdengar sepele tapi sangat penting diketahui.

Jika kita mampu merawatnya dengan baik maka akan membantu performa kerja bantalan linear ini. Mesin akan terpelihara dengan baik sehingga mampu awet bertahan dalam jangka waktu yang lama. Inilag beberapa tips jitu mengutip dari kata-artha.com, agar bantalan linear mampu terawat dengan baik agar tetap dalam performa prima dan mampu bertahan dalam jangka lama. Jangan lupa untuk melakukannya setelah membaca tips ini. Ini tips mudah yang dapat dilakukan oleh siapa saya.

  1. Tidak Dianjurkan Untuk Mengelap Minyak Alami dari Linear Bearing

Ketika awal membeli bantalan ini pasti ada banyak minyak yang menempel di sepanjang permukaannya. Karena tidak tahu dasarnya, banyak orang yang memilih mengelapnya agar minyak menghilang. Padahal kita dianjurkan untuk tidak melakukan itu. Hal ini karena adanya minyak dapat menjadi kontrol gaya gesek yang ada sehingga tidak akan terjadi kendala pada pergerakan porosnya.

  1. Jauhkan Bantalan Linear Dari Air

Seperti yang kita tahu bahwa bearing jenis ini terbuat dari besi. Hal ini akan berdampak buruk jika bantalan ini terkena air, baik disengaja atau tidak. Produk akan mudah berkarat dan performa menjadi menurun. Bagaimana jika itu terlanjur terjadi? Maka segeralah keringkan dengan lap atau melakukan sesuatu lainnya agar bantalah bersih dari air. Jangan sampai bearing ini terkena air dalam waktu lama karena akan mudah memicu terjadinya perkaratan yang menimbulkan kerusakan.

  1. Dilarang Menambahkan Minyak Secara Berlebihan

Kesalahan ini sering terjadi pada khalayak umum. Mereka menganggap ketika pelumas bantalan sudah habis akan lebih baik untuk menambahkan minyak agar tidak terjadi gesekan antar komponen mesin. Padahal jika kita mendalaminya justru akan berakibat fatal. Adanya minyak yang berlebihan pada bantalan justru akan membuat debu halus mudah menempel disana sehingga akan menyebabkan bantalan mudah rusak.

  1. Tidak Diperkenankan Asal Ganti Linear Bearing Baru

Banyak orang yang berpikir bahwa jalan keluar ketika kinerja bearing mulai rusak atau bermasalah adalah dengan menggantikannya dengan yang baru. Padahal itu bukanlah jalan keluar yang tepat karena bisa jadi itu tak perlu dilakukan. Ketika itu bisa diperbaiki mengapa harus diganti yang baru? Bagaimana kita tahu kapan itu bisa diganti atau hanya perlu memperbaikinya? Tanyakan soal ini pada ahli mesin atau otomotif. Jika mereka menyarankan untuk ganti yan baru maka lakukanlah tapi jika hanya perlu memperbaikinya itu lebih baik karena bisa lebih hemat.

Apakah penjelasan di atas terlalu singkat? Semoga dengan adanya penjelasa ini membuat anda lebih berhati-hati dalam merawat linear bearing. Sebab bisa jadi yang anda anggap sepele dilakukan membuat kinerja bantalan memburuk. Jika itu terjadi, anda harus merogoh kocek yang lebih banyak untuk menggantinya yang baru. Apabila anda membutuhkan bantuan informasi mengenai distributor bearing yang terlengkap dan terpercaya maka datanglah ke Logam Makmur. Di sanalah anda akan menemukan aneka bearing yang berkualitas tinggi. Selamat Mencoba!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *