Tips Agar Bayi Prematur Mempunyai Tumbuh Kembang Optimal

Tips Agar Bayi Prematur Mempunyai Tumbuh Kembang Optimal

Idealnya, bayi lahir setelah 40 minggu di dalam kandungan.  Namun, karena beberapa sebab tertentu ada beberapa bayi yang lahir kurang dari 40 minggu, bahkan prematur.  Disebut bayi premature jika lahir sebelum usia 37 minggu.  Kebanyakan bayi ini mempunyai fungsi organ tubuh yang belum sesempurna bayi lain.  Banyak bayi yang lahir dengan berat badan lahir kurang.  Tumbuh kembang bayi prematur cenderung lebih lambat dibandingkan bayi normal.
Siklus Tumbuh Kembang Anak
Namun, Anda yang mengalami hal tersebut tidak perlu terlalu khawatir.  Jika mendapat perlakuan yang sesuai, maka bayi hanya terlambat di awal.  Di usia tertentu, tumbuh kembang mereka akan sama dengan bayi lain.  Di bawah ini ada beberapa tips agar bayi prematur mempunyai tubuh kembang optimal.

  1. Memberikan Cukup Nutrisi

Nutrisi yang cukup sesuai siklus tumbuh kembang anak akan sangat berpengaruh pada kehidupan anak, khususnya di usia 5 tahun pertama kehidupan.  Usahakan bayi diberi ASI dan bukan susu formula.  Ibu juga harus mendapatkan nutrisi cukup agar ASI yang dihasilkan baik.  Begitu pula jika bayi memasuki tahapan makanan pendamping ASI dan makanan pengganti ASI.

  1. Sentuhan dan Pelukan Ibu

Sentuhan dan pelukan dari ibu sebagai orang terdekat memberikan arti banyak.  Bayi prematur akan lebih optimal jika sering dibelai, digendong, diajak bicara melalui tatapan mata, dan lain-lain.  Ibu harus sabar merawat bayi.

  1. Dukungan Lingkungan

Selain ibu, bayi memerlukan dukungan lingkungan.  Orang-orang di sekitar yang memberikan perhatian lebih akan banyak membantu.  Ibu juga merasa lebih nyaman dengan dukungan tersebut.  Selain itu, buat suasana nyaman, hangat, dan jauh dari kebisingan untuk kamar bayi.

  1. Konsultasi Teratur dengan Dokter

Konsultasi dengan dokter anak adalah cara terbaik.  Jangan menunggu ada yang tidak beres dengan anak baru datang.  Untuk bayi prematur, kunjungan teratur ke dokter anak akan memudahkan deteksi dini dan penanganaannya jika ada hal negatif pada tumbuh kembang.

  1. Stimulasi

Terakhir, yang dapat Anda lakukan adalah stimulasi tumbuh kembang.  Dewasa ini banyak sekali mainan dan alat peraga yang dapat menstimulasi agar tumbuh kembang optimal.  Stimulasi dilakukan sesuai usia bayi.
Itulah sedikit penjelasan tentang tips agar bayi prematur mempunyai tumbuh kembang optimal.  Semoga bermanfaat!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *