Simak Sejarah Lapis Legit yang Selalu Menjadi Ciri Khas Parcel Imlek Keluarga

Simak Sejarah Lapis Legit yang Selalu Menjadi Ciri Khas Parcel Imlek Keluarga

Merayakan Imlek bersama keluarga merupakan satu hal yang paling berkesan. Biasanya, di hari Imlek diwarnai dengan berbagi kebahagiaan serta rezeki bersama orang-orang terdekat. Tidak sedikit pula yang memberikan hadiah kepada keluarga atau teman dekat berupa parcel imlek yang berisikan lapis legit lezat. Berikut ulasan mengenai sejarah lapis legit yang menjadi idola saat hari perayaan Imlek.

Mengenal Filosofi Camilan Spesial Lapis Legit yang Nikmat

Sesuai dengan sebutan namanya, lapis legit merupakan kue lezat yang memiliki susunan yang bertingkat. Meskipun kue ini menjadi tradisi perayaan Imlek, namun faktanya kue lapis legit bukanlah berasal dari China, melainkan berasal dari Belanda. Hal ini menunjukkan bahwa tradisi kue lapis ini bukan turunan dari China, melainkan tradisi yang dihasilkan dari masyarakat suku Tionghoa di Indonesia.

Jika ditelusuri lebih dalam, lapis legit ini memiliki banyak pengaruh dari Negeri Belanda. Usai menjajah, orang-orang Belanda juga mewariskan banyak sekali kuliner yang lezat dan menggugah selera. Namun setelah itu, makanan peninggalan Belanda sudah banyak dimodifikasi, salah satunya yaitu kue spekkoek atau yang saat ini dikenal dengan kue lapis legit.

Faktanya, kue yang lezat ini dulunya dikenal dengan nama spekkoek yang terinspirasi dari kue lapis Eropa. Dulunya kue yang saat sekarang sering dijadikan sebagai parcel Imlek ini, dibuat dengan berbagai macam rempah seperti kayu manis, cengkeh, bunga pala, serta bahan-bahan rempah lainnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, bahannya pun disesuaikan dengan selera orang pada zaman sekarang.

Namun hingga saat ini, cara pembuatannya pun sama. Butuh keterampilan dan keahlian untuk membuat kue lapis legit yang nikmat dan lezat. Seperti adonannya yang harus dipanggang dalam oven secara bertahap, serta bentuk lapisannya yang pada umumnya berjumlah 18 hingga 30 lapis. Lapisan inilah yang membuat kue lapis legit menjadi salah satu kue yang pembuatannya lumayan rumit dan susah.

Simbol-simbol yang Dihadirkan Dalam Bentuk Kue Lapis Legit

Kue yang sering dijadikan parcel Imlek keluarga ini, ternyata memiliki makna yang penting. Bentuk kue lapis legit yang berlapis-lapis memiliki makna sebagai simbol kemakmuran serta keberuntungan. Tentu saja ada harapan besar di dalamnya, yaitu harapan adanya keberuntungan yang datang untuk menyertai kehidupan hingga berlapis-lapis.

Namun tidak hanya itu saja, hal menarik lainnya terdapat pada tahap proses pembuatannya. Dalam membuat kue lapis legit terbilang rumit namun rasanya lezat dan tak bisa dibohongi. Ternyata ada makna di dalamnya, yaitu dilambangkan seperti perjalanan hidup seseorang dalam mewujudkan impiannya. Meskipun sulit namun hasilnya memuaskan dan patut dibanggakan.

Dalam proses pembuatannya, lapis legit ini biasanya dibuat bersama-sama dengan semua anggota keluarga yang perempuan. Tentu saja kebersamaan ini menjadi tradisi dan juga ciri khas yang paling penting dalam perayaan hari besar Imlek. Namun sayangnya, pada jaman sekarang ini sudah sulit menemukan keluarga yang membuat kue lapisnya sendiri.

Semua masyarakat sudah pasti paham bagaimana proses pembuatan kue lapis legit yang rumit ini. Namun, mereka tidak akan merasa keberatan sedikitpun untuk mengeluarkan uang yang lumayan besar untuk parcel imlek yang diberikan kepada para keluarga tersayang. Untuk harganya sendiri berada di kisaran Rp 300 ribu hingga Rp 1,2 juta, yang mana harga ini akan disesuaikan dengan ukurannya.

Melihat beberapa filosofi mengenai kue lapis legit, ternyata dapat diketahui banyak sekali makna yang tersirat dari parcel kue lapis legit yang lezat. Mulai cara pembuatan hingga lapisannya, kue ini penuh dengan doa serta berbagai harapan. Bagi anda yang ingin mencoba, saat ini sudah banyak ditemui toko kue lapis legit dengan berbagai macam rasa dan varian.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *