Jangan Tertukar, Inilah Cara Membedakan Demam Berdarah Dengue dan Tifus

Jangan Tertukar, Inilah Cara Membedakan Demam Berdarah Dengue dan Tifus

Seringkali, kita kesulitan untuk membedakan penyakit tifus dan demam berdarah dengue. Baik tifus maupun demam berdarah sama-sama ditunjukkan oleh demam tinggi yang menyerang penderitanya. Hanya saja, keduanya meski tampak serupa namun benar-benar berbeda. Hal ini akan berdampak pada langkah pengobatan dimana manfaat daun jambu biji untuk meningkatkan trombosit bisa diterapkan pada pederita DBD namun belum tentu untuk penderita tifus. Lalu, bagaimana cara membedakan tifus dan demam berdarah? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Masalah Pencernaan

Penderita demam berdarah umumnya akan merasakan mual dan membuat proses penyerapan nutrisi berjalan tidak optimal. Padahal, dalam fase ini tubuh membutuhkan banyak nutrisi untuk melawan virus dengue yang menyerang tubuh kita. Sementara itu, pada penderita tifus masalah sistem pencernaan bukan sekadar mual dan muntah saja. Sebab, penderita tifus akan merasakan masalah saluran cerna yang lebih kompleks seperti sakit perut, diare, hingga sembelit. Jadi, Anda bisa membedakan dua penyakit tersebut berdasarkan masalah saluran pencernaan yang Anda derita.

Infeksi

Jika Anda melihat penderita tifus dan demam berdarah, Anda mungkin terkecoh karena miripnya demam yang dirasakan kedua penderita tersebut. Hanya saja, ada satu hal yang sangat berbeda jika diperhatikan lebih dalam mengenai masalah tifus dan demam berdarah. Yakni bagaimana penyakit tersebut menginfeksi tubuh manusia.

Infeksi yang dirasakan oleh penderita demam berdarah dan tifus sangatlah berbeda. Saat menderita demam berdarah, Anda akan merasakan bintik-bintik merah di beberapa area tubuh karena pendarahan pada sel darah. Selain itu, penderita demam berdarah juga akan merasakan mimisan serta pendarahan ringan pada area gusi. Sementara itu, infeksi yang dirasakan oleh penderita tifus sedikit sama yakni adanya bintik merah pada area kulit. Hanya saja, bintik merah tersebut bukan disebabkan oleh pendarahan melainkan infeksi dari bakteri salmonella yang menyerang tubuh penderita.

Memahami perbedaan antara tifus dan demam berdarah sangat penting agar tidak salah pengobatan. Tapi, lengkapi juga ilmu pengetahuan Anda seputar dunia kesehatan dengan rutin membaca info kesehatan terbaru dari guesehat.com.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *