Hindari Kesalahan Ini Saat Mengajukan Klaim Asuransi

Hindari Kesalahan Ini Saat Mengajukan Klaim Asuransi

Proses klaim asuransi selalu identik dengan hal yang sulit dan proses yang rumit. Bahkan tak jarang hal yang satu ini juga menjadi alasan tersendiri untuk tidak membeli polis asuransi. Sebenarnya sulitnya proses klaim tersebut bukanlah tanpa alasan. Nah agar pengajuan klaim asuransi Anda tidak ditolak, pastikan untuk hindari beberapa kesalahan ini.

Polis Sedang Berada di Masa yang Tidak Aktif

Polis asuransi yang berada di masa tidak aktif juga bisa disebabkan karena beberapa faktor tertentu. polis asuransi yang tidak aktif ini juga sering dikenal dengan istilah lapse. Untuk itu, jika ingin mengajukan klaim asuransi, pastikan bahwa polis asuransi Anda sedang berada dalam keadaan yang aktif.

Klaim yang Diajukan Tidak Termasuk dalam Klausul

Polis asuransi merupakan sebuah kesepakatan yang telah dibuat dan biasanya berisikan tentang kriteria apa saja yang masuk dan tidak masuk dalam polis asuransi yang Anda beli. Jadi secara garis besar polis asuransi tidak akan menanggung semua biaya jika tidak tercantum dalam polis asuransi. Jadi sangat penting bagi Anda untuk mempelajari polis asuransi sebelum membeli.

Mengajukan Klaim Melebihi Batas Waktu yang Sudah Ditentukan

Pada umumnya pengajuan klaim dapat ditolak jika sudah melebihi batas waktu tertentu yang sudah ditetapkan di dalam polis asuransi. Jadi jika pengajuan klaim yang dilakukan sudah melebihi batas waktu tersebut tentunya pengajuan klaim Anda akan ditolak. Biasanya batas pengajuan klaim asuransi cukup pendek yakni hanya 3 x 24 jam saja.

Dokumen Pengajuan Klaim yang Tidak Lengkap

Sebelum mengajukan klaim, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai dokumen apa saja yang perlu Anda persiapkan. Sebab jika ada salah satu saja dokumen yang kurang, maka pengajuan klaim Anda bisa ditolak. Selain itu, pastikan Anda mengetahui prosedur dan proses klaim dengan benar.

Sedang Berada Dalam Masa Tunggu

Sebenarnya ada kebijakan masa tunggu yang hanya diterapkan pada produk asuransi tertentu. Jadi para pemegang polis asuransi tidak akan bisa mengajukan selama berada di masa tunggu. Biasanya masa tunggu tersebut cukup bervariasi mulai dari 30 hari hingga 365 hari.

Penyakit Sudah Ada Sebelum Membeli Polis

Pengajuan klaim Anda juga akan ditolak jika Anda menyembunyikan penyakit tertentu saat membeli polis asuransi. Meski Anda sudah melewati masa tunggu namun jika terbukti penyakit tersebut sudah Anda pembelian polis maka pengajuan klaim Anda akan ditolak. Untuk itu pastikan Anda masih dalam keadaan yang sehat ketika hendak membeli produk asuransi.

Klaim yang Diajukan Termasuk ke Dalam Pengecualian

Tak hanya mengatur hal yang ditanggung oleh asuransi saja, polis asuransi juga mengatur berbagai hal yang tidak tertera dalam polis asuransi. Dalam polis asuransi biasanya ada beberapa pengecualian yang terdapat pada polis asuransi seperti hukuman pengadilan, bunuh diri, hingga kejahatan. Jadi pastikan klaim yang diajukan masih tertanggung dalam polis asuransi.

Pemegang Polis Melanggar Hukum

Alasan lain yang bisa menyebabkan pengajuan klaim Anda di tolak adalah jika pemegang polis melakukan tindakan yang melanggar hukum. Pasalnya polis asuransi selalu patuh dengan segala hukum yang berlaku. Jadi tidak akan mungkin bahwa mereka akan mengakomodasikan hal-hal yang terjadi karena tindakan pelanggaran hukum.

Nah di atas merupakan beberapa cara mudah mengajukan klaim asuransi agar tidak ditolak. Sebenarnya proses pengajuan klaim cenderung mudah jika Anda menghindari berbagai kesalahan yang sudah disebutkan di atas. Dengan memiliki produk asuransi dari simplr.id, proses pengajuan klaim yang ditawarkan juga lebih mudah.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *