Fakta penting Seputar Repeater yang Wajib Diketahui

Fakta penting Seputar Repeater yang Wajib Diketahui

Repeater adalah sebuah alat yang memiliki fungsi utama untuk mengulang atau meneruskan sinyal pada area di sekitar tempat pemasangannya. Hal ini bertujuan agar jaringan bisa didapatkan oleh semua perangkat komputer di sekitar alat. Tidak heran jika repeater juga bisa disebut dengan penguat sinyal seluler. Namun penggunaannya tidak boleh sebarangan, terdapat beberapa aturan yang harus ditaati.

Salah satu sumber internet adalah Wi-Fi merupakan jaringan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat baik di rumah maupun tempat umum. Tidak semua Wi-Fi memiliki jaringan yang luas dan berkecepatan tinggi. Sehingga muncullah repeater sebagai alat untuk memperluas dan mempercepat sebuah jaringan internet. Terdapat beberapa fakta penting seputar repeater yang wajib Anda ketahui, untuk itu simak ulasannya berikut ini.

Memiliki Beragam Jenis

Fakta pertama, repeater adalah suatu alat jenis yang terdiri dari berbagai jenis sesuai dengan kegunaannya masing-masing, seperti telephone repeater, optical communications repeater dan radio repeater. Telephone repeater merupakan salah satu jenis repeater yang sering digunakan pada saluran telepon. Dengan adanya alat ini sinyal yang diterima pengguna telepon akan semakin kuat, jadi suara yang didengar lebih jelas.

Selanjutnya optical communications repeater merupakan jenis repeater yang memiliki fungsi menguatkan sinyal pada kabel fiber optic. Terkadang dalam kabel terdapat phototransistor yang berfungsi mengubah pulsa cahaya ke dalam bentuk sinyal elektrik. Kemudian akan diperkuat dengan amplifier menggunakan repeater.

Radio repeater merupakan repeater yang berfungsi untuk menguatkan sinyal radio. Umumnya memiliki satu antena yang berguna untuk receiver dan transmitter. Sehingga repeater dapat dengan mudah memperoleh sinyal yang ada sebelum sinyal tersebut dipancarkan kembali.

Cara Kerja Repeater

Fakta kedua tentang repeater yaitu cara kerjanya sebagai penguat sinyal. Seperti yang diketahui repeater dapat memperluas jaringan yang terbatas, jadi cara kerja repeater sendiri sebenarnya sangat simpel. Repeater akan menerima sinyal dari sumbernya atau transmitter. Selanjutnya dengan mengubah frekuensi, repeater akan mengeluarkan sinyal dari jaringan yang telah ditangkap. Jadi ketika sinyal dipancarkan keluar dari repeater, kekuatannya akan sama dengan sinyal yang masuk.

Terdapat dua sistem yang berfungsi di dalam repeater yaitu analog dan digital. Dimana repeater analog akan mengirim sinyal jaringan dengan bentuk data analog. Sistem ini membutuhkan banyak daya, agar dapat bekerja sesuai dengan besaran jaringan yang dikirim. Sedangkan repeater digital akan mengeluarkan sinyal dengan bentuk digital. Sistem ini akan membutuhkan banyak daya listrik dengan bentuk binary. Sehingga agar repeater dapat berfungsi dengan baik, sebaiknya diletakkan pada tempat yang jauh lebih tinggi.

Hypernet merupakan perusahaan pelayanan informasi dan teknologi yang sangat memahami fungsi dan cara kerja wifi dengan menyediakan layanan repeater. Baik yang digunakan di berbagai gedung seperti perkantoran, perusahaan maupun beberapa cabang bisnis lainnya agar tetap berjalan secara optimal. Seperti yang diketahui repeater adalah sebuah alat yang digunakan untuk memperluas dan memperkuat sinyal seluler. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai layanan repeater, sebaiknya hubungi langsung tim Hypernet atau kunjungi website resminya di https://hypernet.co.id.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *