5 Tips Dalam Mencegah Penyakit ISPA

5 Tips Dalam Mencegah Penyakit ISPA

ISPA atau biasa disebut dengan infeksi saluran pernafasan akut adalah penyakit yang paling banyak menjangkiti masyarakat Indonesia. Gejala dari ISPA yang bisa dikenali yaitu sesak nafas, bersin-bersin, paru-paru terasa terhambat, sering merasa kelelahan dan batuk yang terasa sakit.
Penyakit ini disebabkan oleh virus atau bakteri yang menyebar di udara lalu terhirup oleh seseorang yang memiliki kekebalan tubuh yang tipis atau tidak normal, sehingga menyebabkan batuk-batuk yang efeknya untuk mengeluarkan virus atau bakteri yang berhasil menembus metabolisme pertahanan tubuh.

ISPA
Penyakit ini mudah menular dan jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan kematian, karena penyakit ini berfokus menyerang pada bagian trakea, hidung dan paru-paru. Maka akan fatal jadinya jika penyakit ini dibiarkan begitu saja tanpa adanya penangan khusus

Berikut beberapa cara pencegahan dari penyakit ISPA:

  1. Mengomsumsi buah & sayur

Buah dan sayur tentunya kaya akan zat besi dan serat, hal ini tentunya sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terbobol oleh serangan virus. Karena penyakit ISPA ini berawal dari lemahnya sistem imun tubuh dalam memerangi virus ataupun bakteri

  1. Jangan merokok

Jangan pernah merokok jika tak ingin terkena penyakit nomor 1 di Indonesia yang sering diderita oleh masyarakat ini. Hal ini karena kandungan nikotin dan zat kimia lainnya yang terdapat di dalam rokok sangat tidak baik bagi kesehatan paru-paru.

Jika sudah mengomsumsi rokok, maka akan berdampak fatal bagi saluran pernafasan dan tentunya akan semakin membuka lebar jalan virus atau bakteri untuk menyerang system pernafasan sehingga tekena penyakit ini.

  1. Hindari polusi udara

Salah satu cara untuk menhindari polusi udara yaitu dengan menggunakan masker, selain untuk melindungi pernafasan dari udara yang tak sehat, masker ini juga berfungsi untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit saluran pernafasan. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?
Maka akan lebih baik jika sering menggunakan masker saat berjalan di lingkungan yang penuh dengan polusi udara, dan jangan lupa untuk rutin mengganti masker setiap harinya.

  1. Menghindari orang sedang bersin

Karena penyakit ini termasuk dalam kategori penyakit yang mudah menular, maka akan lebih baik menghindarkan diri dari seseorang yang sedang bersin. Hal ini dikarenakan, saat manusia sedang bersin, maka ia telah mengeluarkan sekitar ribuan atau jutaan bakteri dan virus melalui hidung dan mulutnya.

Jika bakteri dan virus telah keluar dari tubuh manusia yang telah terinfeksi, maka mereka akan menyebar melewati udara dan terhirup, masuk kembali ke dalam tubuh manusia yang berbeda. Yang bisa jadi manusia tersebut adalah seseorang yang tengah berdiri atau sedang duduk di sebelah seorang yang telah bersin tersebut.

  1. Hubungi dokter

Jika terlanjur terinfeksi penyakit ISPA, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter yang ahli dalam penyakit ini agar tidak semakin parah dan tidak membawa dampak yang lebih buruk. Seperti kematian misalnya, karena penyakit ini sangat berhubungan dengan cara pengambilang oksigen melalui saluran pernafasan. Jika saluran pernafasan terganggu, maka akan susah pula untuk mengambil oksigen secara maksimal.

Dan jika tidak maksimal tentunya akan menyebabkan tingginya tingkat resiko kematian. Umumnya, dokter akan memberikan beberapa macam obat, seperti obat batuk berjenis antitusif yang berfungsi untuk mengurangi batuk-batuk.

Demikianlah beberapa cara mencegah penyakit ISPA yang dapat Anda lakukan. Kesehatan sangat mahal harganya, jadi lebih baik melakukan upaya pencegahan agar tubuh senantiasa sehat.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *