5 Jenis Menu Sarapan Nikmat Pelengkap Nutrisi Otak Anak

5 Jenis Menu Sarapan Nikmat Pelengkap Nutrisi Otak Anak

Menghadapi masalah anak susah makan, memang tantangan tersendiri ya bund…! Terkadang, kita sudah berusaha semaksimal mungkin membuat berbagai menu sehat namun ternyata si kecil tidak suka. Padahal, pada usia anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan, gizi dan nutrisi otak anak harus terpenuhi setiap harinya. Tidak jarang, bunda merasa stress dan kehabisan ide untuk membuat menu sarapan bagi si kecil. Eits… jangan sedih bund, pada artikel ini ada beberapa menu sehat yang bisa dicoba dan juga sebagai bahan ide untuk bunda yang sedang bingung mau memasak apa. Yuk simak!
Nutrisi Otak Anak

1.       Ikan Salmon Goreng

Jenis ikan yang kaya akan omega-3 ini memang bisa diolah menjadi berbagai menu, salah satunya yang paling mudah dan praktis adalah ikan salmon goreng. Siapkan daging salmon yang sudah dibersihkan dan diiris, lalu celupkan pada putih telur, terakhir masukkan pada tepung roti yang sudah dibumbui, lalu goreng hingga matang pada minyak yang telah dipanaskan. Menu ikan salmon goreng yang crispy dan renyah ini bisa jadi menu sarapan siang atau bekal anak sekolah.

2.       Sayur Bayam Kaldu

Bayam yang juga menjadi sumber nutrisi otak anak dan baik untuk kekuatan tulang, bisa diolah menjadi beragam jenis masakan yang lezat, seperti misalnya sayur bayam kaldu. Tidak perlu waktu lama dalam proses pembuatannya, cukup rebus bayam dalam kaldu kemudian tambahkan bahan lain seperti jagung manis. Sayur bayam kaldu bisa disantap bersama nasi putih hangat untuk sarapan si kecil pada pagi hari.

3.       Puding Bluberry

Memberikan asupan nutrisi otak anak tidak selalu dari menu utama, tetapi juga dapat dilakukan melalui cemilan sehat seperti satu ini yaitu pudding blueberry. Rasa pudding blueberry yang manis asam bisa jadi sangat disukai oleh anak-anak. Pemilihan buah blueberry sebagai bahan campuran pudding bukan tanpa sebab, melainkan karena buah ini kaya akan antioksidan dan berfungsi sebagai pencegahan berbagai macam penyakit seperti kanker. Berikan pudding blueberry disela-sela aktifitas anak, saat bermain atau saat santai misalnya.

4.       Telur Dadar Sayur

Jika anak-anak tidak suka sayuran, padahal pada banyak sayuran terdapat beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, maka cara mensiasatinya adalah dengan mengolah sayuran bersama bahan lain. Menu telur dadar sayur contohnya. Kombinasikan irisan sayur seperti wortel, bunga kol, kentang bersama telur yang sudah dikocok. Panaskan minyak goreng dalam wajan lalu masukkan campuran telur kocok tadi, goreng hingga matang. Telur dadar sayur ini bisa dibuat lebih menarik dengan cara membentuknya misalnya bentuk hati, lalu padukan bersama nasi yang sudah dicetak. Penampilan menu sarapan yang menarik bisa jadi salah satu cara membuat nafsu makan anak meningkat.
 

5.       Burger

Paduan roti dengan irisan daging, telur dan aneka sayur seperti daun seledri, tomat, timun adalah jenis menu makanan untuk anak-anak yang juga bisa menambah kebutuhan nutrisi otak anak. Makanan yang berasal dari luar negeri ini, memang sudah cukup populer di Indonesia sehingga tidak sulit untuk memberikannya pada anak. Agar lebih nikmat, burger bisa ditambahkan dengan saos tomat atau mayonnaise. Cara pembuatannya juga tidak sulit, jika ingin praktis bisa membelinya namun pastikan aman dikonsumsi untuk anak sesuai batas usianya.
Semoga 5 menu di atas tadi cukup menjadi sumber inspirasi bagi para bunda yang sedang bingung akan menu sarapan sehat bagi anak. Semoga bermanfaat.
 
 

admin

One thought on “5 Jenis Menu Sarapan Nikmat Pelengkap Nutrisi Otak Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *