3 Kartu Baru Jokowi, Jurus Pamungkas Menangkan Pilpres 2019

3 Kartu Baru Jokowi, Jurus Pamungkas Menangkan Pilpres 2019

Pada 3 November 2014, Jokowi meluncurkan tiga kartu, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). KIP untuk memudahkan masyarakat mengakses ke pendidikan hingga SMA/SMK, KIS untuk mengakses ke kesehatan, dan KKS untuk meningkatkan kemapuan masyarakat yang kurang mampu. Pada Pilres Kali ini 3 Kartu Baru Jokowi akan diluncurkan.

3 Kartu Baru Jokowi
Berbagai kalangan berpendapat bahwa calon petahana Joko Widodo memiliki peluang lebih tinggi untuk memenangkan kontestasi pada pilpres 2019 yang tinggal menghitung hari, salah satu alasannya adalah munculnya 3 Kartu Baru Jokowi yang bakal jadi jurus andalannya menandingi pesaingannya.

Untuk lebih jelasnya tentang 3 Kartu Baru Jokowi ini, mari kita simak artikel berikut ini :

  1. Kartu Indonesia Pintar (KIP) hingga kuliah.

KIP yang dulu hanya diberikan hingga tingkat SMA/SMK, pada kartu yang baru ini akan ditingkatkan menjadi sampai tingkat perkualihan. Dengan Kartu ini Jokowi meyakinkan pemilihnya bahwa masa depan pendidikan penerus bangsa ini akan terus terjamin. Kartu Pintar Sampai Kuliah ini membantu biaya pendidikan dari anak usia dini hingga kuliah nanti.
Jokowi mengatakan, pemerintah tak ingin kondisi ekonomi keluarga yang lemah menjadi penghalang bagi anak-anak Indonesia untuk mengenyam pendidikan hingga bangku perkuliahan. Saat ini, KIP telah diberikan kepada 18,7 juta siswa di seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pendidikannya.

  1. Kartu Pra Kerja

Selama ini, pemerintah telah meluncurkan berbagai program untuk meningkatkan ketrampilan masyarakat. Salah satunya yakni program vokasi dengan mendirikan balai latihan kerja (BLK) komunitas di pesantren-pesantren. Jokowi pun menargetkan pada 2019 ini akan mendirikan BLK komunitas hingga 1000 dan pada tahun depan ditargetkan hingga tiga ribu BLK.

Dengan memiliki kartu ini akan masyarakat akan diberikan beberapa layanan pelatihan, antara lain pelatihan koperasi, skillingre-skillingupskill. Ini pelatihan vokasi untuk meningkatkan ketrampilan bagi yang belum bekerja, pekerja, dan yang akan berganti pekerjaan. Kartu ini diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

  1. Kartu Sembako Murah

Terakhir, Jokowi juga berjanji akan meluncurkan kartu sembako murah. Program ini disebutnya untuk memperkuat Program Keluarga Harapan (PKH) dan program rastra yang telah dijalankan. Kartu Sembako Murah merupakan program yang diperuntukkan bagi rakyat berpenghasilan rendah, agar mereka memiliki keterjangkauan untuk membeli sembako dengan harga murah.

3 Kartu Baru Jokowi ini lahir dari kebiasaan presiden petahan ini blusukan kepelosok negeri ini untuk mendengarkan keluhan dan aspirasi masyarakat kecil. Semua kartu yang diluncurkan ini merupakan jawaban nyata dari semua keluhan masyarakat yang ditemuinya.

Jokowi meyakinkan banhwa semua Kartu yang diluncurkan sebagai bagian dari bantuan sosial dan tidak akan membebani anggaran belanja dalam APBN. Ke-3 Kartu ini menjadi mediam penyaluran bantuan yang lebih terkonsolidasi, Karena sebelumnya alokasi bantuan sosial tersebar di pos belanja kementrian tertentu berdasarkan sektor bantuan tersebut.

Konsolidasi pos-pos bantuan dengan penambahan tiga kartu baru akan menambah akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan anggaran.
Mengenai postur anggaran yang akan disalurkan melalui tiga kartu baru tersebut, jumlahnya akan disesuaikan dengan kemampuan belanja fiskal negara dalam tahun penganggaran bantuan sosial tersebut.

Kartu-kartu Pamungkas Jokowi pada gilirannya memang akan menimbulkan berbagai kritik dalam konteks kebijakan sosial, Namun juga ada banyak kalangan yang mendukung dengan kebijakan Kartu Pamungkas Jokowi ini.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *